Ada Apa Dengan 2 Mei? Meneruskan Cita-cita Bapak Pendidikan Nasional

- 2 Mei 2021, 13:06 WIB
David Saputra S.H Fasilitator Sekolah Alam Bangka Belitung
David Saputra S.H Fasilitator Sekolah Alam Bangka Belitung /Seldi-portalbangkabelitung

PortalBangkaBelitung- 2 Mei merupakan tanggal lahirnya seorang pahlawan nasional, Ki Hajar Dewantara itulah nama akrabnya beliau merupakan seorang guru bangsa dan seorang pejuang yang senantiasa memperjuangkan hak-hak belajar rakyat pribumi pada masa penjajahan Belanda berdirinya taman siswa di Yogyakarta merupakan salah satu bukti kepedulian beliau terhadap pendidikan rakyat Indonesia yang semakin termarjinalkan secara pemikiran karena ekspansi kolonial Belanda pada masa itu. Sehingga tanggal lahir beliau di abadikan sebagai Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS) yang selalu kita peringati setiap tahunnya. 

 

Salah satu kata yang paling fenomenal dari seorang bapak pendidikan itu ialah "Ing ngarsa sung tulodho, ing madya mbangun karsa, tut wuri handayani", yang artinya "Di depan (guru) harus memberi teladan, di tengah-tengah (muridnya) harus menciptakan ide dan prakarsa, di belakang harus bisa memberi dorongan dan arahan.

 

HARDIKNAS 2021 yang mengusung tema" Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar". Merdeka belajar merupakan sebuah kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (KEMENDIKBUD) yang waktu itu di nahkodai oleh Bapak Nadiem Makarim. Sejatinya merdeka belajar merupakan sebuah harapan yang dimana siswa dapat lebih nyaman, bahagia, dan faham akan esensi belajar. orientasi pendidikan yang sudah memang seharusnya mengarah pada kemerdekaan berfikir para siswa dan dan bagaimana siswa menentukan pilihannya. Tentunya hal itu dapat terwujud dengan memperbanyak ruang diskusi yang menyenangkan antara siswa dan guru bukan ruang sidang yang tegang dan peserta sidang hanya mendengarkan hakim yang ada didepan. 

Baca Juga: DPD IMM BABEL Luncurkan Darul Arqam Madya PC IMM Se-Babel Di Kota Beribu Senyuman

Pendidikan bukan hanya tentang angka (nilai), tapi pendidikan itu tentang sebuah pembentukan karakter, pengembangan minat dan bakat, serta ruang ilmiah yang dimana setiap orang bebas menuangkan pendapatnya. 

Kemajuan sebuah bangsa dan negara bukan hanya ditentukan melalui sebarapa kaya negara tersebut atau seberapa bagus letak georafisnya tetapi salah satu indikator kemajuan sebuah bangsa dan negara adalah baik atau tidaknya pendidikan di negara itu sendiri. 

Dengan pendidikan yang baik akan membentuk SDM yang unggul yang siap untuk memanfaatkan sebaik-baiknya sumber kekayaan negara dan mampu memberikan pemikiran yang berkemajuan dan berdaya saing. 

Halaman:

Editor: Suhargo


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X