Jejak Sejarah Kota Kapur Mendo Barat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ada Berbagai Penemuan Masa Kerajaan

- 6 Maret 2023, 02:51 WIB
Prasasti Kota Kapur Kecamatan Mendo Barat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.
Prasasti Kota Kapur Kecamatan Mendo Barat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. /Instagram @3siska.titi//https://www.instagram.com/p/BHG0FBejtXS/?igshid=OTJlNzQ0NWM=/https://www.instagram.com/p/BHG0FBejtXS/?igshid=OTJlNzQ0NWM=

Portalbangkabelitung.com- Sejarah Kota Kapur Mendo Barat Bangka Belitung (Babel). Jejak kerajaan Kota Kapur di Kecamatan Mendo Barat Bangka Belitung. Pada abad 5-6 Masehi diperkirakan terdapat sebuah kerajaan tua yaitu kerajaan Kota Kapur yang ada di Kecamatan Mendo Barat.

Hal itu didukung dengan penemuan arca wisnu berjumlah 4 buah, dengan gaya khas arsitektur zaman Angkor yang menunjukkan bahwa kerajaan kota kapur telah ada sebelum zaman kerajaan Sriwijaya.

Pusat pemerintahan kerjaan Kota Kapur terletak di wilayah aliran sungai Mendo, pada saat masuk ke abad 7 masehi daerah ini menjadi pusat perdagangan yang di dominasi dari Tiongkok dan India.

Baca Juga: Belitung Pernah Punya PLTD Terbesar di Asia Tenggara Pada Abad 19, Bagian dari Sejarah Tambang Timah Babel

Lantaran terdapat pusat perdagangan yang menyebabkan masyarakat banyak membangun pemukiman di daerah tersebut. Dengan perdagangan yang pesat maka kerajaan Kota Kapur dalam kondisi ekonomi yang baik.

Namun hingga ini belum ditemukam riwayat kepemimpinan di kerajaan Kota Kapur, meski begitu di wilayah tersebut terdapat benteng yang terbuat dari tanah dengan bentuk memanjang.

Diduga berfungsi melindungi wilayah tersebut dengan tinggi 2 hingga 3 meter yang dibuat secara bertanggul-tanggul.

Baca Juga: Asal Usul Misteri Benteng Kuto Panji Belinyu Bangka Belitung, Peninggalan Sejarah Raja Tiongkok Sejak 1664

Benteng tersebut melindungi serangan dari kerajaan Sriwijaya yang kala itu berusaha mengeskpansi ke banyak wilayah.

Halaman:

Editor: Suhargo

Sumber: Channel YT Yudin Barakatak


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x