Bukan Minal Aidzin Wal Faidzin, Inilah Ucapan Benar Saat Hari Raya Idul Fitri yang Dicontohkan Rasulullah SAW

- 28 April 2021, 20:54 WIB
Ilustrasi masjid. /pixabay/Shafin_Protic
Ilustrasi masjid. /pixabay/Shafin_Protic /

Portalbangkabelitung.com- Tak lama lagi Ramadhan akan segera berlalu. Bulan bonus dari Allah SWT yang banyak sekali keutamaannya. Manfaatkan sebaik-baiknya sisa hari di bulan Ramadhan ini untuk meraup pahala sebanyak-banyaknya.

Berbicara akhir bulan Ramadhan, berarti hari Raya Idul Fitri pun akan tiba. Hari kemenangan untuk mereka yang telah menang melawan hawa nafsu selama bulan Ramadhan.

Umat Islam di seluruh dunia bersuka cita menyambut hari kemenangan, hari Raya Idul Fitri 1442 H atau lebaran 2021.

Baca Juga: Waktu Terbaik Sampai Waktu Haram Membayar Zakat Fitrah, Jangan Sampai Lewat Batas

Baca Juga: Pahami Perbedaan Zakat Fitrah dan Zakat Maal Sebelum Ditunaikan

Pada saat perayaan Hari Raya Idul Fitri, setiap umat muslim akan saling meminta maaf dan mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri. Memberikan ucapan Idul Fitri merupakan tradisi untuk saling mengucapkan dan doa bagi sesama umat muslim di setiap tahunnya.

Salah satu ucapan yang sering kita dengar saat hari Raya Idul Fitri adalah “Minal Aidzin Wal Faidzin” yang memiliki arti “termasuk orang-orang yang kembali dan orang-orang yang menang”. Pengucapan itu dinilai kurang tepat sebagai ucapan Idul Fitri yang benar.

Dilansir Portalbangkabelitung.com dari berbagai sumber, ucapan yang dicontohkan Rasulullah SAW saat Hari Raya Idul Fitri adalah “Taqobbalallahu minna wa minkum” yang memiliki arti “Semoga Allah SWT menerima amalku dan amal kalian”.

Baca Juga: Jangan Salah, Berikut 8 Golongan yang Berhak Menerima Zakat Fitrah, Ada Mualaf

Telah sampai kepada kami riwayat dengan sanad yang hasan dari Jubai bin Nufair, ia berkata: "Jika Para sahabat Rasulullah saling bertemu di hari raya, sebagiannya mengucapkan kepada sebagian lainnya: "Taqabbalallahu minnaa wa minkum."" (Fathul Bari, juz II, halaman 446).

Halaman:

Editor: Ryannico

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X