Sekilas Info Tentang Hari Kanker Sedunia dan Sejarah Penetapannya

- 3 Februari 2023, 16:47 WIB
Sejarah dan tujuan penting Hari Kanker Sedunia yang diperingati setiap tanggal 4 Februari
Sejarah dan tujuan penting Hari Kanker Sedunia yang diperingati setiap tanggal 4 Februari /padrinan/Pixabay

Portalbangkabelitung.com - Hari Kanker diperingati setiap tanggal 4 Februari di seluruh dunia. Peringatan Hari Kanker bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya kanker, sehingga masyarakat dapat menerapkan hidup sehat, mendorong pencegahan, deteksi, sampai dengan proses pengobatan kanker.

Pada tahun 2000 di acara World Summit Against Cancer for the New Millennium di Paris oleh Union for International Cancer Control (UICC), sebuah organisasi kanker internasional terbesar dan tertua memimpin acara dan mencetuskan penetapan Hari Kanker Sedunia. 

Penetapan Hari Kanker Sedunia tersebut tertuang dalam Charter of Paris against Cancer (Piagam Paris Melawan Kanker) yang ditandatangani oleh Presiden Prancis, Jacques Chirac dan Direktur Jenderal UNESCO, Koichiro Matsuura.

Baca Juga: Info Link Download Film Pathaan 2023 Full Movie Sub Indo, Akses Link Nonton Resmi Cek di Sini

Dilansir dari situs resmi Union for International Cancer Control (UICC), tema Hari Kanker Sedunia adalah "Close the Care Gap" atau “Tutup Kesenjangan Perawatan”. Tema ini sudah berlangsung dari tahun 2022 dan akan berakhir pada tahun 2024. 

Berdasarkan data yang tertera, sebanyak 9,6 juta manusia meninggal akibat kanker setiap tahunnya. Maka dari itu pentingnya meningkatkan kesadaran betapa pentingnya Hari Kanker Sedunia ini. Hari Kanker Sedunia membantu mengingatkan kita untuk melakukan pengecekan kesehatan secara rutin. Kita juga harus mengupayakan segala bentuk pencegahan agar terhindar dari penyakit kanker. ***

Editor: Dea Megaputri

Sumber: Balai Baturaja Litbang Kemenkes


Tags


Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x