Teks Rangkuman Buku IPA Kelas 8 SMP Semester 2 Bab 6 Materi Struktur Bumi, Simak Selengkapnya

- 29 Maret 2024, 15:30 WIB
Rangkuman Buku IPA Kelas 8 SMP Semester 2 Bab 6 Materi Struktur Bumi
Rangkuman Buku IPA Kelas 8 SMP Semester 2 Bab 6 Materi Struktur Bumi /Pixabay/WikiImages

PORTAL BANGKA BELITUNG- Ao pelajari selengkapnya rangkuman buku IPA kelas 8 SMP semester 2 Bab 6 yang mempelajari materi struktur bumi dan perkembangannya, simak selengkapnya.

Pelajari teks rangkuman materi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas 8 Bab 6 tentang struktur bumi dan perkembangannya di bawah ini.

Materi Bab 6 ini untuk melatih peserta didik dan menumbuhkan rasa ingin tahu dan memahami uraian tersebut.

Baca Juga: Isi Rangkuman PAI Kelas 9 Materi Bab 7: Bioteknologi, Ketahui Pengertian dan Contoh Penerapannya

Peserta didik dapat mempelajari materi tentang struktur bumi dan perkembangannya untuk menambah pengetahuan peserta didik dalam pembelajaran.

Isi rangkuman ini membahas tentang struktur bumi yaitu susunan/lapisan pembentuk bumi yang terdiri dari banyak jenis material.

Artikel ini menyediakan rangkuman materi mata pelajaran IPA kelas 8 semester 2 Bab 6 yang mempelajari struktur bumi dan perkembangannya untuk peserta didik.

Inilah penjelasan tentang rangkuman mapel IPA kelas 8 struktur bumi dan perkembangannya sebagai berikut.

Baca Juga: Teks Rangkuman PAI Kelas 9 Materi Bab 6 Tentang Kehadiran Islam dalam Mendamaikan Bumi Nusantara

Rangkuman IPA kelas 8 Bab 6

Struktur bumi adalah susunan/lapisan pembentuk bumi yang terdiri dari banyak jenis material. Struktur utama Planet Bumi secara berurutan adalah inti dalam, inti luar, mantel Bumi, dan kerak Bumi.

Struktur dalam bumi berlapis terdiri dari tiga lingkaran yang konsentris, yaitu kerak (crust), mantel (mantle) dan inti bumi (inner and outer core). Sesuai dengan namanya, inti dalam merupakan lapisan Bumi paling dalam yang berbentuk bola padat berjari-jari sekitar 1.220 km.

Secara umum, planet Bumi tersusun atas tiga komponen utama, yakni atmosfer (komponen gas), litosfer (komponen padatan), serta hidrosfer (komponen air). Berikut ini yang bukan merupakan komponen utama penyusun Bumi adalah biosfer.

Baca Juga: Soal Essay atau Uraian Mapel PAI Kelas 9 Semester 2 Bab 4 Zakat Fitrah dan Zakat Mal Beserta Kunci Jawaban

Bumi terdiri atas 3 komponen pokok, yaitu litosfer bagian padat dari bumi, Hidrosfer berupa perairan dan Atmosfer bagian menyelubungi Bumi dengan udara dan gas.

Secara umum Bumi terdiri atas 3 komponen utama, yakni komponen gas yang disebut atmosfer, komponen padatan yang disebut litosfer, dan komponen air yang disebut hidrosfer.

Lapisan bumi dari yang paling dingin hingga yang terpanas adalah: kerak bumi, mantel, inti luar, dan inti dalam. Suhu kerak bumi dapat bervariasi dari suhu udara di atas kerak bumi hingga 1.600 derajat Fahrenheit.

Baca Juga: 5 Soal Essay PAI Kelas 9 Semester 2 Bab 10 Menyayangi Binatang dalam Syariat Penyembilhan

Fungsi lapisan termosfer yaitu sebagai tempat terjadinya proses ionisasi, terjadi ketika oksigen dan gas lainnya terpecah menjadi bentuk oksigen atomik. Sebagai pemantul gelombang elektromagnetik untuk gelombang radio, yang sangat bermanfaat bagi perkembangan komunikasi.

Demikianlah Rangkuman materi IImu Pengetahuan Alam (IPA) kelas 8 Bab 6 tentang struktur bumi dan perkembangannya di bawah ini.***

Editor: Dea Megaputri


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah