Isi Rangkuman Bahasa Indonesia Kelas 11 Semester 2 Bab 4 Materi Cerita Pendek, Simak Uraiannya

- 31 Maret 2024, 16:00 WIB
Isi Rangkuman Bahasa Indonesia Kelas 11 Semester 2 Bab 4 Materi Cerita Pendek, Simak Uraiannya
Isi Rangkuman Bahasa Indonesia Kelas 11 Semester 2 Bab 4 Materi Cerita Pendek, Simak Uraiannya /pexels/ katerina holmes

PORTAL BANGKA BELITUNG- Inilah teks rangkuman mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 11 semester 2 Bab 4 meneladani kehidupan dari cerita pendek, simak selengkapnya.

Cek materi penting apa saja yang terdapat pada rangkuman mata pelajaran Bahasa Indonesia semester 2 terutama untuk para peserta didik kelas 11 yang sangat membutuhkan rangkuman ini.

Untuk mengetahui lebih lanjut terkait isi materi penting pada rangkuman Bahasa Indonesia kelas 11 semester 2 materi tentang meneladani kehidupan dari cerita pendek atau cerpen.

Baca Juga: Contoh Soal Essay Pendidikan Agama Islam Kelas 8 Bab 6: Indahnya Beragama Secara Moderat, Jawaban Lengkap!

Pelajari lebih lanjut tentang rangkuman mapel Bahasa Indonesia kelas 11 semester 2 Bab 4 meneladani kehidupan dari cerita pendek sebagai referensi pembelajaran.

Selengkapnya di bawah ini pembahasan isi rangkuman materi Bahasa Indonesia kelas 11 semester 2 Bab 4 tentang meneladani kehidupan dari cerita pendek.

Artikel ini membagikan informasi terkait isi rangkuman mapel Bahasa Indonesia Bab 4 yang mempelajari meneladani kehidupan dari cerita pendek atau cerpen terutama untuk peserta didik kelas 11.

Baca Juga: Teks Rangkuman Bahasa Indonesia Kelas 11 Materi Bab 3 Tentang Mengelola Informasi dalam Ceramah

Rangkuman Bahasa Indonesia Kelas 11 Bab 4

Cerpen atau cerita pendek merupakan prosa fiksi yang menceritakan tentang suatu peristiwa yang dialami oleh tokoh utama.

Seperti namanya, cerpen lebih sederhana daripada novel. Cerpen termasuk dalam sastra populer. Karya sastra ini terdiri dari satu inti kejadian yang dikemas dengan cerita yang padat.

Cerpen berisi tentang kehidupan yang diceritakan secara pendek dan singkat. Isi dari cerpen biasanya padat dan langsung kepada inti cerita, mengangkat berbagai macam jenis kisah, baik itu kisah nyata maupun kisah fiksi.

Baca Juga: Rangkuman Mapel Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 2 Kurikulum Merdeka Bab 6 Materi Ulasan Karya Kita

Struktur cerita pendek terdiri dari 3 bagian yaitu orientasi, komplikasi, dan resolusi.Fungsi dari struktur cerpen adalah untuk menyusun elemen-elemen dasar yaitu abstrak, orientasi, komplikasi, evaluasi, resolusi dan koda menjadi suatu cerpen.

Ciri kebahasaan teks cerpen yang dimaksud dalam penelitian ini yaitu (1). Majas atau gaya bahasa, (2). Penggunaan kata depan, dan (3). Penggunaan konjungsi kronologis. Gaya bahasa merupakan ragam bahasa yang digunakan untuk memperindah kata ataupun kalimat.

Unsur intrinsik cerpen penting untuk membangunnya kisah karena asalnya dari dalam cerita itu sendiri. Ada tema, alur, tokoh, penokohan, latar, sudut pandang, gaya bahasa, dan amanat. Terdapat tiga hal utama dalam unsur ekstrinsik cerpen, yaitu latar belakang masyarakat, latar belakang pengarang, dan nilai-nilai yang terkandung dalam cerpen.

Inilah informasi terkait isi rangkuman materi Bahasa Indonesia kelas 11 semester 2 Bab 4 meneladani kehidupan dari cerita pendek sebagai referensi belajar.***

Editor: Dea Megaputri


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x