Rangkuman PAI Kelas 11 Semester 2 Bab 3: Menghindari Perkelahian Pelajar, Minuman Keras, dan Narkoba

- 5 April 2024, 07:37 WIB
Ilustrasi Rangkuman PAI Kelas 11 Semester 2 Bab 3: Menghindari Perkelahian Pelajar, Minuman Keras, dan Narkoba
Ilustrasi Rangkuman PAI Kelas 11 Semester 2 Bab 3: Menghindari Perkelahian Pelajar, Minuman Keras, dan Narkoba /HO-net/

PORTAL BANGKA BELITUNG- Pelajari segera rangkuman materi PAI kelas 11 Bab 3 menghindari perkelahian pelajar, minuman keras, dan narkoba.

Inilah isi rangkuman mata pelajaran PAI kelas 11 Bab 3 menghindari perkelahian pelajar, minuman keras, dan narkoba  sebagai referensi belajar.

Pelajari lebih lanjut terkait materi semester 2 Bab 3 menghindari perkelahian pelajar, minuman keras, dan narkoba, agar peserta didik lebih mudah memahami materi tersebut.

Baca Juga: RANGKUMAN Mapel PAI Kelas 10 Semester 2 Bab 9 Menerapkan al Kulliyatu al Khamsah dalam Kehidupan Sehari Hari

Rangkuman ini disediakan dengan tujuan agar peserta didik SMA kelas 11 lebih memahami lebih lanjut materi Bab 3 semester 2.

Rangkuman ini dapat dijadikan alternatif serta referensi pembelajaran siswa siswi, terutama untuk para peserta didik kelas 11.

Inilah penjelasan lebih lanjut terkait isi rangkuman mapel PAI kelas 11 semester 2 Bab 3 sebagai berikut.

Baca Juga: Rangkuman Mapel PAI Kelas 10 Semester 2 Bab 7 Hakikat Mencintai Allah SWT Khauf, Raja’, dan Tawakal Kepadanya

1. Perkelahian pelajar, dapat dibagi menjadi 2 jenis, yaitu: (1). Delikuensi Situasional, yakni perkelahian terjadi karena adanya situasi yang mengharuskan mereka untuk berkelahi, dan (2). Delikuensi Sistematik, yakni: para pelajar yang terlibat dalam perkelahian itu berada di dalam suatu organisasi tertentu atau Geng. Faktor penting adanya perkelahian pelajar, antara lain: a) Rational Choice, yaitu adanya perkelahian pelajar disebabkan faktor individu. b) Social Disorganization, yaitu adanya perkelahian pelajar disebabkan faktor lingkungan. c) Strain, yaitu adanya perkelahian pelajar disebabkan faktor tekanan yang besar dari masyarakat. d) Differential Association, yaitu adanya perkelahian pelajar disebabkan faktor salah pergaulan. e) Labbeling, yaitu adanya perkelahian pelajar disebabkan faktor terbiasa dicap sebagai pelajar yang nakal. 

2. Khamr adalah jenis minuman dan makanan yang dapat memabukkan dan menghilangkan kesadaran seseorang. Makna lain adalah segala apapun yang memabukkan atau merusak akal sehat. Berlandaskan pengertian tersebut, segala jenis narkoba, minuman keras termasuk makna dari khamr.

Halaman:

Editor: Dea Megaputri


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah