Rangkuman Mapel PAI Kelas 11 Semester 2 Bab 1 Membiasakan Berpikir Kritis dan Semangat Mencintai IPTEK

- 9 April 2024, 12:00 WIB
Rangkuman Mapel PAI Kelas 11 Semester 2 Bab 1 Membiasakan Berpikir Kritis dan Semangat Mencintai IPTEK
Rangkuman Mapel PAI Kelas 11 Semester 2 Bab 1 Membiasakan Berpikir Kritis dan Semangat Mencintai IPTEK /

PORTAL BANGKA BELITUNG- Simak isi rangkuman PAI kelas 11 Bab 1 membiasakan berpikir kritis dan semangat mencintai IPTEK.

Ayo pelajari rangkuman mata pelajaran PAI kelas 11 Bab 1 membiasakan berpikir kritis dan semangat mencintai IPTEK, sebagai sumber belajar peserta didik.

Catat dan pelajari materi semester 2 Bab 1 membiasakan berpikir kritis dan semangat mencintai IPTEK, agar peserta dapat lebih mudah memahami materi tersebut.

Baca Juga: Rangkuman Mapel PAI Kelas 11 Semester 2 Bab 10 Peradaban Islam pada Masa Modern, Ayo Segera Pelajari!

Rangkuman Pendidikan Agama Islam untuk peserta didik SMA kelas 11 semester 2 Bab 1 agar membantu dalam pembelajaran.

Selain itu rangkuman ini dapat dijadikan sebagai referensi belajar untuk mendapatkan pengetahuan yang lebih lanjut terkait materi tersebut.

Segera simak penjelasan lebih lanjut terkait isi rangkuman mapel PAI kelas 11 semester 2 Bab 1 sebagai berikut.

Baca Juga: Soal Essay Mapel PAI Kelas 7 Semester 2 Bab 3 Semua Bersih, Hidup Jadi Nyaman Beserta Kunci Jawaban

1. Isi kandungan Q.S. Ali ‘Imran/3: 190-191 dan hadis terkait, di antaranya: a). Penciptaan alam semesta, dan silih bergantinya siang dan malam, pusaran angin, keteraturan lintasan benda benda langit, dan bumi dengan segala isinya, semua itu jangan dijadikan sebagai peristiwa biasa, tanpa hikmah dan tujuan, tetapi harus dipikirkan, sehingga keberadannya dapat diambil sisi positif dan negatifnya melalui akal pikiran serta akal budi yang dimiliki seseorang. b). Kecanggihan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) harus semakin menumbuhkan kedekatan (taqarrub) kepada Allah SWT Itu artinya, semakin banyak ilmu yang dimiliki seseorang, hidupnya harus semakin baik dan benar di sisi Allah SWT, termasuk semua nikmat yang diterima, pasti akan diminta pertanggungjawaban c). Berpikir menjadi ciri khas manusia. Disebabkan kemampuan berpikir, manusia menjadi makhluk yang dimuliakan Allah SWT. d). Peran sebagai khalifah, diamanahkan kepada manusia, karena faktor berpikir juga. Karena kemampuan berpikirlah, ilmu pengetahuan dan teknologi akan diserap didapat dan ditemukan. e). Berpikir (الفكر), berarti kekuatan yang menembus suatu obyek, sehingga menghasilkan pengetahuan. Jika pengetahuan itu, didukung bukti-bukti kuat dinamakan علم/’ilm. Jika buktinya belum meyakinkan, namun kebenarannya lebih dominan, disebut ّظن (dhann/dugaan). Selanjutnya, jika kemungkinan benar dan salahnya seimbang disebut ّشك (syakk/keraguan). 

2. Isi kandungan Q.S. arl-Rahman/55: 33 dan hadis terkait, di antaranya: a). Rajin, cinta, dan semangat menuntut ilmu itu mutlak dilakukan, tetapi penting sekali melakukan seleksi ilmu dan guru, agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, akibat kebodohan diri, atau dibodohi pihak lain. b). Membaca itu berkaitan dengan qalam (pena) sebagai alat untuk menulis, sehingga tulisan itu menjadi penghubung antar manusia walaupun mereka berjauhan tempat, sebagaimana mereka berhubungan dengan perantaraan lisan. c). Setiap orang harus bercita-cita memiliki iptek yang tinggi, sebagaimana peran para ulama, sehingga sampai kini, meski sudah wafat, ilmu masih bermanfaat untuk generasi akan datang, dan harus menjadi kesadaran bersama, bahwa untuk menjadi ulama itu bukan hal mudah. d). Saat ini, semakin sedikit ulama akibat diwafatkan oleh Allah SWT dan itu berpengaruh kepada hilangnya ilmu yang dimiliki para ulama yang berakibat bagi kehidupan, sehingga semakin susah menemukan teladan yang dapat dicontoh. 

Halaman:

Editor: Dea Megaputri


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah