Fakta Fitur Planet Tak Terduga Baru Saja Ditemukan di Venus!

- 2 Agustus 2021, 18:43 WIB
Planet Venus
Planet Venus /Aliefia Noor/

PORTAL BANGKA BELITUNG - Venus mungkin planet neraka yang beracun, tetapi bukti baru menunjukkan bahwa ia mungkin memiliki lebih banyak kesamaan daripada Bumi daripada yang kita sadari.

Para ilmuwan baru saja menemukan bukti bahwa kerak Venus bisa memiliki balok tektonik yang bergesekan, tidak berbeda dengan balok es yang pecah.

Ini tidak sepenuhnya seperti lempeng tektonik Bumi, tetapi penemuan itu menunjukkan bahwa kerak planet bukanlah satu litosfer yang terus menerus secara global, dan gerakan konvektif berputar di bawah.

Baca Juga: Sudahkah Tahu Apa Kepribadianmu? 3 Gambar Ini akan Membantumu dalam Mengetahui Kepribadianmu!

Ini tidak hanya menawarkan wawasan tentang Venus - ini bisa membantu kita lebih memahami evolusi dan dinamika tektonik di Bumi awal.

"Kami telah mengidentifikasi pola deformasi tektonik yang sebelumnya tidak dikenali di Venus, pola yang didorong oleh gerakan interior seperti di Bumi," kata ilmuwan planet Paul Byrne dari North Carolina State University.

"Meskipun berbeda dari tektonik yang kita lihat saat ini di Bumi, itu masih merupakan bukti gerakan interior yang diekspresikan di permukaan planet," Lanjut Paul Byrne.

Baca Juga: Ilmuwan Konfirmasi Tabrakan Lubang Hitam (Black Hole) dan Bintang Neutron dalam Penemuan Pertama di Dunia!

Bumi benar-benar aneh kecil yang unik di Tata Surya, dalam banyak hal. Salah satu caranya adalah sistem lempeng tektoniknya - pergeseran skala kerak yang saling bergesekan dan tumpang tindih (menurun), bergerak di atas lapisan interior planet yang panas dan cair.

Sumber: PNAS