Pengabdian Masyarakat Dosen Jurusan Teknik Distribusikan Mesin Penggiling Kacang Otomatis

- 17 Oktober 2020, 20:45 WIB
Pengabdian Masyarakat Distribusikan Mesin Penggiling Kacang Otomatis //FT UBB

Portalbangkabelitung.com- Dalam rangka melakukan pengabdian ke masyarakat, Dosen Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Bangka Belitung melibatkan Himpunan Mahasiswa Mesin distribusikan mesin penggiling kacang otomatis.

Diserahkan kepada Ibu Reni Fitriani pemilik usaha Reni Catering di Bukit Sari pada Jum'at, 16 Oktober 2020 sebagai wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Pembuatan Mesin Penggiling Kacang Otomatis tersebut dilatar belakangi adanya keluhan salah satu masyarakat pemilik usaha kuliner yang masih menggunakan alat-alat tradisional.

Baca Juga: Sejarah Yogyakarta: Klenteng Bhudda Prabha atau Klenteng Gondoman Destinasi Wisata Spiritual

Dengan adanya hal tersebut, Dosen Jurusan Teknik Mesin bekerja sama dengan Mahasiswa tingkat akhir sebagai proyek penelitian tugas akhir menginisiasikan pembuatan alat tersebut.

"Didapati informasi, mereka masih menggunakan alat-alat tradisional dalam menggiling kacang. Tentu saja kan kalau gilingan manual ini lama dan menggunakan tenaga, waktunya juga termakan habis,” ungkap Eka Sari Wijayanti.

“Oleh karena itu kami para Dosen ingin membantu masyarakat, berkoordinasi dengan mereka dan terwujudlah konsep menggiling kacang otomatis," ungkap Eka Sari Wijiyanti selaku Ketua Jurusan Teknik Mesin UBB.

Baca Juga: Wisata Tradisi Indonesia: Upacara Bekakak di Gunung Gamping Yogyakarta

Sabrisyah menuturkan dalam pengengerjaan tugas akhir tersebut di bantu oleh pak Husaini selaku pemikik bengkel berjalan dengan lancar.

Dan tanpa kendala selama kurang lebih 15 hari dengan estimasi biaya 2 juta rupiah.

Halaman:

Editor: Suhargo


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X