Ledakan Supernova Kosmik! Akhirnya Manusia Bisa Melihatnya Menggunakan Mata Sendiri, Ini Faktanya

- 2 Agustus 2021, 19:00 WIB
Ledakan Supernova Kosmik
Ledakan Supernova Kosmik /Aliefia Noor/

PORTAL BANGKA BELITUNG - Sebuah "tangan" hantu yang menjangkau kosmos baru saja memberi kita wawasan baru tentang kematian akibat kekerasan dari bintang-bintang masif.

Struktur spektakuler ini adalah ejecta dari supernova yang runtuh inti, dan, dengan mengambil gambarnya selama rentang 14 tahun, para astronom dapat mengamati saat meledak ke luar angkasa dengan kecepatan sekitar 4.000 kilometer (2.485 mil) per detik.

Di ujung "jari", sisa supernova dan gelombang ledakan - bernama MSH 15-52 - meninju awan gas yang disebut RCW 89, menghasilkan guncangan dan simpul pada material, dan menyebabkan supernova yang mengembang melambat.

Baca Juga: Fakta Fitur Planet Tak Terduga Baru Saja Ditemukan di Venus!

MSH 15-52 terletak 17.000 tahun cahaya dari Bumi, dan tampaknya merupakan salah satu sisa supernova termuda yang diketahui di Bima Sakti.

Cahaya dari ledakan bintang mencapai Bumi sekitar 1.700 tahun yang lalu, ketika bintang nenek moyang kehabisan bahan bakar untuk mendukung fusi, meledakkan material luarnya ke luar angkasa, dan meruntuhkan intinya.

Ledakan Supernova Kosmik berbentuk tangan manusia

Inti yang runtuh itu berubah menjadi sejenis bintang "mati" yang disebut pulsar, sebuah objek yang sangat padat dengan neutron yang dikemas begitu rapat sehingga mereka mengambil beberapa sifat inti atom, memancarkan cahaya dari kutubnya saat ia berputar dengan kecepatan tinggi.

Baca Juga: Dinosaurus Besar Rawan Kepunahan Jauh Sebelum Asteroid, Studi Baru Berpendapat!

Sumber: The Astrophysical Journal Letters