Jawaban Lengkap! Contoh Soal Essay PKN Kelas 7 Bab 3 Materi Kesatuan Indonesia dan Karakteristik Daerah

- 31 Maret 2024, 15:00 WIB
Ilustrasi Jawaban Lengkap! Contoh Soal Essay PKN Kelas 7 Bab 3 Materi Kesatuan Indonesia dan Karakteristik Daerah
Ilustrasi Jawaban Lengkap! Contoh Soal Essay PKN Kelas 7 Bab 3 Materi Kesatuan Indonesia dan Karakteristik Daerah /Pixabay/GDJ/

PORTAL BANGKA BELITUNG- Sebagai referensi belajar, berikut contoh soal essay mata pelajaran PKN kelas 7 Kurikulum Merdeka Bab 3 yang mempelajari kesatuan Indonesia dan karakteristik daerah, jawaban lengkap.

Untuk informasi selengkapnya pelajari segera kumpulan soal essay PKN kelas 7 Bab 3 tentang persatuan Indonesia dan karakteristik daerah.

Kumpulan soal essay mapel PKN kelas 7 Kurikulum Merdeka Bab 3 yang mempelajari kesatuan Indonesia dan karakteristik daerah beserta kunci jawaban.

Baca Juga: Simak Soal Essay PKN Kelas 8 Bab 3 Tentang Peraturan Perundang Undangan, Lengkap Dengan Kunci Jawaban

Inilah 5 soal essay mata pelajaran PKN kelas 7 mengenai Bab 3 persatuan Indonesia dan karakteristik daerah lengkap dengan jawaban.

Simak pembahasan mengenai soal essay atau uraian pada mapel PKN kelas 7 Bab 3 tentang persatuan Indonesia dan karakteristik daerah beserta jawabannya di bawah ini.

Artikel ini menyediakan kumpulan soal essay atau uraian mapel PKN untuk siswa-siswi kelas 7 yang mempelajari kesatuan Indonesia dan karakteristik daerah.

Baca Juga: Simak Soal Essay PKN Kelas 7 Bab 3 Materi Tentang Persatuan Indonesia dan Karakteristik Daerah

Soal Essay PKN kelas 7 Bab 3

1. Apa saja karakteristik dari wilayah NKRI?

Jawaban: Indonesia merupakan negara kepulauan yang penuh dengan kekayaan serta keragaman suku, ras, budaya, bahasa dan agama. Meskipun penuh dengan keragaman budaya tersebut, Indonesia tetap satu sesuai dengan semboyan bangsa Indonesia yaitu Bhineka Tunggal Ika yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu.

2. Apa saja yang menjadi ciri utama karakteristik daerah?

Jawaban: Ciri khas atau karakteristik daerah dapat dibagi berdasar beberapa ukuran,seperti posisi geografisnya, karakter lingkungan fisik, karakter pemukiman, hingga posisinya terhadap wilayah negara-negara lain.

3. Mengapa Indonesia memiliki karakteristik daerah dan karakteristik budaya berbeda beda?

Jawaban: Faktor penyebab keberagaman suku bangsa dan budaya Indonesia ini terdiri atas empat hal. Mulai dari letak wilayah, bentuk negara yang kepulauan, kondisi alam yang beraneka, hingga kondisi transportasi dan komunikasi di masing-masing daerah.

Baca Juga: Simak Rangkuman Mapel PKN Kelas 7 Semester 2 Materi Bab 5 Tentang Kerjasama dalam Berbagai Bidang Kehidupan

4. Mengapa kita harus menjaga karakteristik daerah kerangka NKRI?

Jawaban: Perbedaan dan keberagaman akan memicu timbulnya konflik apabila masyarakat enggak saling menjaga kerangka NKRI. Maka dari itu, perlu adanya kesadaran untuk tetap menghargai perbedaan.

5. Apa yang dimaksud dengan karakteristik dan berikan contohnya?

Jawaban: Karakteristik adalah ciri-ciri dari individu yang terdiri dari demografi seperti jenis kelamin, umur serta status sosial seperti tingkat pendidikan, pekerjaan, ras, status ekonomi dan sebagainya.

Demikianlah soal essay mapel PKN kelas 7 Kurikulum Merdeka Bab 3 yang mempelajari kesatuan Indonesia dan karakteristik daerah beserta kunci jawaban.***

Editor: Dea Megaputri


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x