Resep Dodol Tahun Baru Imlek Khas Masyarakat Tionghoa Bangka Belitung Beserta Cara Membuatnya, Mudah Banget

- 20 Januari 2023, 06:00 WIB
Ilustrasi Dodol Khas Masyarakat Tionghoa Bangka Belitung Ketika Merayakan Tahun Baru Imlek.
Ilustrasi Dodol Khas Masyarakat Tionghoa Bangka Belitung Ketika Merayakan Tahun Baru Imlek. /Muhamad Bagja/Pikiran-Rakyat/

Portalbangkabelitung.com- Resep dodol khas Tionghoa Bangka Belitung untuk perayaan Imlek (Kongian) pada setiap tahun yang disajikan sebagai cemilan.

Resep dodol gelinak atau dodol jelinak khas Imlek Tionghoa Bangka Belitung (Babel). Cara membuat dodol khas Tionghoa Bangka Belitung ketika Kongian Imlek 2023.

Pada umumnya perayaan Tahun Baru Imlek di Bangka Belitung disebut juga sebagai Kongian oleh sebagian masyarakat Tionghoa Babel.

Baca Juga: Download Lagu Imlek 2023 Free dan Link Twibbon Imlek Tahun 2023 Limited Edition Warna Merah Gratis Klik Disini

Imlek menjadi adat istiadat kebudayaan Bangka Belitung sebagai negeri yang dijuluki Serumpun Sebalai (slogan khas untuk daerah Bangka Belitung).

Tahun Baru China 2023 shio Kelinci Air, tradisi Imlek atau dikenal sebagai hari Kongian umat Tionghoa Bangka dari bangsa Khek, Hakka serta sebagainya memiliki keunikannya tersendiri.

Setiap tradisi yang dilakukan secara turun temurun setiap tahun oleh umat Tionghoa di Bangka Belitung salah satunya adalah cemilan yang khas.

Baca Juga: Geopark Babel? Cek 5 Wisata Batu Granit Belitung Provinsi Bangka Belitung, Berusia Lebih dari 200 Juta Tahun

Salah satu cemilan yang tak pernah lepas dari perayaan Imlek Tionghoa Bangka Belitung ialah Dodol khas umat Tionghoa.

Penyediaan dodol ini memiliki makna tersendiri dalam perayaan Imlek yaitu berkaitan dengan hoki serta kemakmuran bagi yang memakannya.

Halaman:

Editor: Suhargo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah